Isnin, 5 Mac 2012

Cpas, ‘Ambil Pincil, Gores Aja!’


                               
“Nama, ya? Mau yang panjang ato yang pendek? Panjangin lima rebu, pendekin seribu, hahaha” jawab si gadis dengan ceria saat kami sapa.

Gadis yang miliki nama lengkap Cut  Putri Ayasofia kerap kami panggil Cpas (baca : cipas). “boleh juga di panggil Bang Felix” tambah gadis yang tak mau meninggalkan nama kesayangannya itu.
Cpas suka menyebut dirinya salah masuk jurusan, maka wajar saya kalau ia kontan akan menjawab, “Sekarang saya Mahasiswi Semester 6 di IAIN Ar-Raniry, tepatnya jurusan Teknik Energi Nuklir (TEN) hehehe...”


Cpass mendadak semangat-45 ketika kami tanyai tentang menggambar dan langsung berkomentar, “Mulai gambar ya.. aku yakin semua anak-anak di dunia udah mulai menggambar dari Balita lho... dan orang tua sangat mendukungnya waktu itu, yaa dari situlah terlihat berkembangnya kreatifitas si anak... dan selanjutnya ya menurut orang tua masing-masing mau bimbing si balita jadi pelukis atau mau jadi dokter. Dan kebetulan saya lahir dari orang tua yang memberikan kesempatan pada saia buat menggambar.  Almh. Ibu saya juga bisa menggambar, karna ibu saya guru Sekolah Dasar dan ayah saya juga seniman, busa menggambar kartun, Alm. Kakek saya juga pernah ngajari saya menggambar lho... cara gambar proporsi sapi waktu itu.

Hasil goresan tangan Cpas.

Waktu kelas 1 SD, saya penggemar berat Kamen Rider Black Rx dan sering memenuhi buku catatan pelajaran saya dengan gambar-gambar itu. Terus berlanjut SMP dan SMA saya sering di pake buat menggambar background suatu acara-acara klusus sekolah dan jadi pengurus mading sekolah” cerita Cpas.
Cpas mengaku dirinya terpengaruh oleh Mas Galang Tirta Kusuma dan Oda Eiichirou ketika kami tanyai idola yang mempengaruhi style gambar yang ia sebut Manga. Selain menguasai style Manga, Cpas juga menyukai sketsa kasar dan agak realist, gambar yang terdapat banyak arsiran seperti gaya Onepiece.
Gambar favorite Cpas. ^0^
Maka kami langsung tak percaya gadis yang agak tomboy ini mengaku dirinya jarang membaca komik. Setelah kami silet secara tajam akhirnya ia tak mampu menyembunyikan satu hobby gilanya itu. “Saya suka genre fantasi, kayak One Piece pastinya... dan karya-karya Mas Galang (Garudaboy, Hopper, True love, Flash Crisis)” sebut Cpas mengalah. 

 “Sekarang lagi garap Lam Langet (Some where in the sky) dengan teman-teman club panyoet, ada Kak Marza, Kak Rizka dan Dopi” beber Cpas ketika kami korek tentang progress menggambarnya.
Cpas yang terbiasa ngerjain sesuatu dikala suntuk, dan lagi dapet ide. “Ambil pencil, gores aja..!” kejar Cpas penuh semangat seperti ingin menggores detik itu juga. Tak lupa Cpas membagi tips proses kreatif saat mengerjakan artworknya, “fokus pada garapanmu, berimajinasilah terus sampai kelar! Lalu baru inking pake Drawing pen 0,1”

Salah satu pencetus ide terbentuknya Club Panyoet ini langsung pasang muka unyu saat kami tanyai harapannya ke depan terhadap Club Panyoet, “Ini komunitas yang dahsyaaaatttt...!!! Semoga, perjuangan para komikus Aceh nggak pernah berhenti, sampai kami mangkat, semoga generasi Aceh selanjutnya mengembangkan Panyoet lebih hebat dari kami. Aku percaya Aceh bisaa...!!!” komat-kamit mulut Cpas penuh harap.

Sebelum kami putuskan menutup pembicaraan dengan gadis yang mendadak jadi super cerewet ini maka kami ajukan satu pertanyaan usil. “Kelak kalau kamu jadi Presiden, apa hal utama yang akan kamu lakukan?”
“P..p..pre..sii..dent?? Nggak salah soal nih?” Cpas dengan muka unyunya akhirnya menjawab dari lubuk hati yang paling dalam, “aku ogah ahh, nanti aku saranin sama presidennya (jika presidennya anak panyoet), agar memberikan kesempatan pembuatan undang-undang khusus untuk para komikus di Indonesia, yooohhhohoohohooo” ujarnya lagi-lagi penuh harap. 

Semoga saja Presiden membaca postingan kali ini dan mengabulkan semua harapan kita. Jangan Presiden deh, tinggi amat. Yang pendek aja dulu, semoga aja para komikus yang sudah terkenal dan diidolakan oleh pecinta gambar seperti Mas Galang dan Mas Oda yang disebutkan Cpas rela meluangkan waktunya untuk sekadar browsing blog sederhana kami ini. Kali aja mereka ada niat numpang lewat ke Aceh, bolehlaah kita buat talkshow atau apa gitu. Ooops, cukup sekian di entri teman kita Cpas dan terus nantikan entri terbaru kami ‘all about panyoet’. Salam semangat, goreeees...!

Dilaporkan oleh: Isni Wardaton

1 ulasan:

  1. Nyaaahhhhahahhahahahaaaaaaa.......... <3 :mj <3 :mj <3 :mj <3 :mj <3 :mj <3 :mj <3 :mj <3 :mj

    BalasPadam

Beri jejakmu di sini. Terimakasih. ^_^