Khamis, 16 Februari 2012

Tentang Panyoet

Dengan usia yang masih sangat muda, sejak 9 oktober 2011, sebuah Komunitas Komik Aceh yang bermula atas dasar ingin berbagi pengetahuan setelah sebelumnya terlibat secara aktif mengikuti Event (Lomba Komik) yang diselengarakan USK. Permulaan inilah kemudian mendorong semangat Tiga orang yang kemudian menjadi lima orang para pecinta dunia gores-menggores character komik untuk terus mengasah kemampuan bersama, saling berbagi dan berkarya.

Tersebutlah Rasnadi Nasry, Marzalina, Cut Putri Ayasofia, Ilham Fachri dan Muhardinur kemudian melangsungkan pertemuan secara berkelangsungan ini dimulai pada juni 2011 lalu. Saling menyemangati, dan menilik karya-karya komik Indonesia yang semakin berkembang pesat (setelah sebelumnya terpuruk) maka terbesiklah semacam-cita-cita mulia: meneruskan perkembangan Komik Indonesia dengan terus mempererat kebersamaan dan menciptakan karya berupa komik oleh kelima orang ini. Kebersamaan ini memberikan efek yang sangat tidak terduga sebelumnya, dari niat awal hanya sekedar saling berbagi dan menghasilkan karya lalu berevolusi untuk membentuk sebuah komunitas kecil. hanya 5 orang saja, tanpa nama.



Logo Panyoet Aceh
Mengingat banyak sahabat, teman dan kenalan memiliki potensi yang sama maka dengan tangan terbuka secara persuasif baik secara langsung maupun menggunakan media kelima orang ini berusaha menggaet teman-teman yang lain untuk saling share.

Upaya ini berhasil, satu persatu teman-teman yang ingin berbagi bersama menghadiri pertemuan, semakin hari semakin ramai. semakin banyak informasi yang bisa digali, semakin luas cara pandang, semakin bersemangat hingga muncullah gagasan untuk menjadikan kelompok kecil yang sebelumnya disebut sekadar komunitas coret-coret ini menjadi sebuah komunitas yang lebih profesional dan stuktural.

Tentu saja NAMA adalah hal yang sangat urgen. SRUKTUR juga tidak bisa di kesampingkan serta EMBLEM sebagai Pengenal. Tanggal 09-10-2011 dikukuhkan sebuah nama untuk kelompok coret-coret ini. Sebuah nama pilihan dari lima yang diusulkan oleh kelima orang pioner. dengan penuh kesadaran dan kesepakatan / persetujuan bersama, sebuah komunitas sederhana, komunitas yang bermodal pinsil dan kertas, komunitas yang bermula niat tulus dan semangat kebersamaan maka diusunglah sebuah nama, yaitu PANYOET. Panyoet, dengan makna biar sederhana tapi bisa menerangi dan memberi kepada orang lain.

Ditulis oleh Rasnadi Nasry (Ketua Panyoet)

3 ulasan:

  1. anggota panyoet sekarang udah ada berapa orang ? :)
    wah jadi pingin gabung juga nih ^^

    BalasPadam
  2. Terimakasih komentarnya..

    Anggota kita lebih kurang 20 orang, tapi itu belum termasuk anggota di grup FB yang kurang lebih 40 orang.

    Gabung aja, kami tunggu ya... :)

    BalasPadam
  3. Assalammualaikum.. sahabat komik PANYOET, kami dari mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP USK mau buat film dokumentasi nih tentang kalian, kira2 bisa ga kita kerjasama?

    kalo bisa saya minta nomor kontaknya dong.
    atau bisa hub saya di 085262188165 (Adian)
    Terima kasih, wassalam...

    BalasPadam

Beri jejakmu di sini. Terimakasih. ^_^